Profil


CDC  UMMagelang  pertama kali dicetuskan tanggal 3 Mei 2016. Selaras dengan visi UMMagelang, CDC UMMagelang mempunyai visi : ”Terwujudnya Career Development Center sebagai pusat pengembangan karir yang membentuk kematangan kepribadian dan kemandirian bagi mahasiswa, serta menjembatani lulusan perguruan tinggi dalam memasuki dunia kerja”. Visi ini dijabarkan lebih lanjut dalam misi : “Memfasilitasi mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi untuk menjadi lulusan yang inovatif, berkepribadian dan terampil, sehingga dapat mengatasi tantangan pasar kerja dan memiliki landasan moral yang dilandasi nilai-nilai Islam”. Secara umum, upaya pencapaian visi dan penerapan misi CDC UMMagelang diwujudkan dengan upaya sebagai berikut :

  1. Membangun dan mengembangkan profesionalisme calon lulusan sebelum terjun ke dunia kerja.
  2. Meningkatkan kualitas daya saing  lulusan dalam pasar kerja.
  3. Memfasilitasi lulusan dalam hal menemukan karir di dunia kerja.
  4. Memfasilitasi pengguna lulusan untuk mendapatkan tenaga kerja profesional.

 

Adapun CDC UMMagelang memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Mewujudkan lulusan yang berkualitas dan kompetensi di bidang masing-masing serta mampu bersaing di pasar global.
  2. Mewujudkan lulusan yang inovatif, berkepribadian dan terampil serta memiliki landasan moral yang dilandasi nilai-nilai Islam.
  3. Mengembangkan kemampuan soft skills mahasiswa dan calon lulusan serta kemampuan mereka untuk menghadapi dunia kerja.
  4. Menjembatani kesenjangan hubungan dan informasi antara mahasiswa dan alumni dengan pemakai lulusan (perusahaan dan institusi pendidikan).

 

Dalam fungsinya sebagai pihak fasilitator antara perguruan tinggi dengan dunia kerja,  CDC UMMagelang memfasilitasi beberapa program diantaranya yaitu.

  1. Meningkatkan profesionalisme mahasiswa dan alumni melalui berbagai program pelatihan ketrampilan.
  2. Membantu alumni menentukan dan menemukan karir.
  3. Menjadi fasilitator interaksi antara dunia penyedia kerja dengan perguruan tinggi.
  4. Tracer Study

 

CDC UMMagelang merupakan jembatan antara UMMagelang dengan penggunan lulusan. Adapun tugasnya adalah mengkomunikasikan data lulusan ke perusahaan, menyebarkan informasi lowongan pekerjaan ke lulusan dengan berbagai media komunikasi, dan bekerjasama dengan perusahaan untuk melakukan rekruitmen di kampus dan pelatihan bagi mahasiswa dan lulusan. Untuk meningkatkan kesiapan diri (mental) dan kualitas mahasiswa untuk menghadapi tantangan dan persiapan dunia kerja, CDC UMMagelang menyelenggarakan pelatihan-pelatihan diantaranya pelatihan Kepribadian Islami, Intrapersonal skill, Interpersonal skill, Leadership skill, Enterpreneur skill.

 

 

 

HALAMAN LAINNYA